Perencanaan matang, pelaksanaan detail

Menghadapi pergantian tahun ini, selayaknya kita memiliki konsep guna menentukan Agenda Target ditahun depan (2010). Hadir sebuah konsep sederhana yang disebut Perencanaan matang, pelaksanaan detail. Apakah itu? Sesuai dengan frasa tersebut, dimana konsep dasarnya adalah merencanakan dan melaksanakan.

Pertama, untuk bisa melakukan suatu pencapaian Target tentu harus menyusun daftar target itu sendiri dan pula rencana pencapaiannya. Hal ini sering juga disebut Program Kerja. Hanya saja dalam perencanaan yang demikian harusnya kita mampu mempertimbangkan aspek pribadi, sosial maupun Target jangka panjang lainnya. Perencanaan matang yang dimaksud harus mampu menunjang keberhasilan masa depan (Visi/Misi), sehingga dapat dikatakan matang karena telah melewati sinkronisasi terhadap Aspek terkait.

Kedua, pelaksanaan detail ialah sebuah pencapaian target yang mana dibatasi oleh waktu misalnya; satu tahun ke depan. Proses pencapaian target layaknya memenuhi efektif waktu. Ini bersifat memaksa sebagai wujud konsekuensi tanggungjawab. Disiplin berarti prinsip.

Semoga terinspirasi,

Iklan