Smart Modem

Awal kemunculannnya smart memang bergaya beda, modem yang menggunakan gelombang band 1900, serta berbasic CDMA ini menawarkan terobosan akses internet dengan kecepatan diatas rata-rata modem biasa. Berikut lebih lanjutnya ;

Kelebihan
Basic CDMA menawarkan akses internet yang lebih stabil, terlebih didukung formulasi band 1900 ini menjanjikan kelancaran untuk download maupun apload file besar. Mampu mengakses streaming video layaknya kita menonton tv biasa. Yang lebih mengagetkan lagi, kemampuannya pada coverage area tertentu dapat meningkatkan kecepatan akses 50 % dari sebelumnya. Dengan kondisi maksimal file sebesar 1 GB yang biasanya dengan modem biasa menghabiskan waktu sekitar 4 jam, berubah menjadi hanya sekitar 15 menit saja.
Kelemahan
Masih saja seperti lagu lama, sebagai pendatang tentunya masih harus melakukan banyak perbaikan diantaranya; Coverage Area masih sangat terbatas. Untuk sementara ini sampai dengan january 2010 jangkauannya sebatas Area pulau Jawa, Bali, Aceh, ini pun hanya sebatas kota-kota besar. Contoh saja; untuk wilayah Jawa tepatnya di Pacitan, belum bisa menikmati layanan ini.

Sedikit info dari penulis ini semoga bermanfaat.
Tips untuk pengguna modem USB
• Pahami karakteristik lingkungan anda. Jika ingin membeli modem semacam ini, carilah modem yang memiliki sinyal kuat pada area tempat anda tinggal, lebih penting lagi sinyal juga harus stabil (menjaga agar koneksi tidak putus-nyambung).
• Gunakan modem dengan kecepatan Broadband.
• Gunakan kabel data USB untuk penguat sinyal (Modem bisa ditaruh diatas).
• Radius tempat anda mengakses internet juga dapat mempengaruhi tingkat kelancaran berinternet. Area ideal untuk sebuah jaringan GSM pada radius sekitar 2-3 km dari tower operator.
• Jika mengalami kesulitan mendapatkan sinyal, cobalah untuk memberikan antena bantu. Dengan cara lilitkan kabel pada modem, tarik ulur ke atas. Cara ini pernah saya coba.
• Jika anda menggunakan modem type GSM, harus anda sadari bahwa kondisi cuaca sangat berpengaruh pada perolehan sinyal. Kondisi terbaik ketika cuaca cerah.

Demikian, semoga bermanfaat. Sedikit membagi pengalaman dan pengetahuan penulis yang sementara ini menggunakan modem seri GSM.

Iklan

4 thoughts on “Smart Modem

Komentar ditutup.