Kebiasaan yang membuat panjang umur

Apakah anda termasuk seorang yang menginginkan pajang umur? awet muda? atau sekedar hidup sehat? sebaiknya ada menyimak beberapa kebiasaan berikut yang mungkin sering terabaikan. Diantara rutinitas seharian yang anda lakukan, luangkanlah waktu  untuk kebiasaan baik berikut ini :

  1. Kebiasaan Olah Raga, penting bagi kita untuk menjaga stamina tubuh. Kebugaran dan kesehatan tubuh dapat terjaga dengan kebiasaan berolah raga. Salah satu olah raga yang efektif untuk menjaga kesehatan ialah joging, atau jalan pagi. Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh diantaranya; dapat menghirup udara pagi, dimana udaranya masih bersih, belum tercemar. Menikmati sinar matahari, sangat berguna bagi kesehatan tulang karena di dalam unsur sinar matahari terdapat zat untuk menjaga kesehatan tulang. Bagi para penderita penyakit pernafasan dan jantung, atau manula sangat dianjurkan untuk melakukan kebiasaan jalan pagi.
  2. Konsumsi Makanan sehat, menu sarapan pagi anda sangat berpengaruh terhadap aktivitas keseharian anda. Kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat terbukti mampu memperpanjang hidup anda. Menu makanan sehat yang perlu anda perhatikan misalnya cukup karbohidrat, protein, dan sedikit lemak. Karbohidrat banyak terkandung dalam nasi, protein bisa dengan tahu dan tempe, sedikit lemak kita dapat dari minyak sayur. Pada dasarnya menu makanan yang baik adalah yang bervariasi.
  3. Istirahat, untuk yang satu ini kita mangacu pada penelitian. Berdasar penelitian di salah satu situs, menerangkan bahwa tidur kurang dari 7 jam sehari meningkatkan resiko struk. Maka, sudah saatnya anda sekarang memperhatikan pola jam tidur anda!
  4. Kurangi Stres, aktivitas rutin yang padat meningkatkan tekanan darah, dan berpengaruh pada kondisi emosi yang labil. Kebiasaan berlibur dan rekreasi adalah solusi manjur menghilangkan Stres. Suasana baru dan menyenangkan, sejenak membawa pengaruh positif  pada  tubuh. Terapi ini juga dapat mengurangi syaraf-syaraf yang tegang. Relaksasi sangat diperlukan bagi tubuh untuk menjaga stamina dan kesehatan.
  5. Ke dokter, Nah kebiasaan yang satu ini kebanyakan orang awam sangat tidak menyukainya. Secara Logika tugas seorang dokter adalah membantu pasien untuk mendapatkan jaminan kesehatan. selayaknya jika kita merasakan keluhan pada kondisi kesehatan kita disarankan segera berkonsultasi pada dokter.
  6. Penuhi kebutuhan air, 80 % kondisi tubuh adalah cairan. Kebiasaan minum air putih dengan cukup sangat membantu proses metabolisme tubuh. Penuhi kebutuhan tubuh akan air dengan minum air putih secukupnya.
  7. Gosok gigi dan mandi, kebiasaan bersih-bersih atau ritual mandi menghindarkan kita dari banyak penyakit dan tubuh menjadi segar. Kondisi tubuh yang bersih dan wangi akan menambah rasa percaya diri untuk melakukan beragam aktivitas.
  8. Terakhir cobalah untuk berbagi dan saling memotivasi dengan orang sekitar dan terdekat anda. Terbukti sebuah komunitas mampu memberi pengaruh positif  terhadap individu didalamnya. Ibarat  pepatah “Dua Kepala lebih baik dari pada satu”,

Sudah saatnya anda memperhatikan kebiasaan baik bagi diri, hindari kebiasaan buruk dan lakukan kebiasaan baik demi menikmati hidup lebih lama. Selamat berjuang!

Iklan